SELAMAT DATANG PARA BINTANG, SELAMAT MEMBACA DAN MENJELAJAH

February 08, 2017

Pembahasan Tempat Kunjungan : Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

BAB II PEMBAHASAN



    2.2.9.     Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Gadjah Mada
A.  Sejarah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Gadjah Mada
Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta didirikan pada tanggal 19 September Tahun 1955 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 53759/Kab.
Pada awalnya, pendidikan dan pengajaran ekonomi di Universitas Gadjah Mada, dilaksanakan oleh Jurusan Ekonomi yang dikordinasi oleh Bagian Hukum, Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik (Fakultas HESP). Mulai tahun akademi 1952/1953, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No. 29512/Kab., status “Jurusan” untuk pengajaran ekonomi telah ditingkatkan menjadi “Bagian” pada Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik (Fakultas HESP). Dalam perkembangan selanjutnya, mulai tahun akademi 1955/1956, Fakultas HESP dipecah menjadi 3 fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Sosial Politik, yang kesemuanya menempati Pagelaran Keraton Yogyakarta.
Fakultas Ekonomi UGM (sebelum berubah namanya menjadi FEB) sendiri merupakan fakultas ekonomi negeri yang ketiga di Indonesia. Fakultas Ekonomi negeri yang pertama adalah Fakultas Ekonomi di Makasar yang merupakan cabang Universitas Indonesia yang didirikan tanggal 8 Oktober Tahun 1948 dan kemudian menjadi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanudin. Sedangkan fakultas ekonomi negeri yang kedua adalah Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di Jakarta yang didirikan tanggal 15 Januari Tahun 1951.
Setelah beberapa tahun menempati Pagelaran Keraton, mulai tahun 1958, Fakultas Ekonomi UGM pindah ke Bulaksumur dan menempati sebagian Gedung Pusat Tata Usaha Universitas Gadjah Mada. Pada bulan Januari Tahun 1989, Fakultas Ekonomi kembali pindah dan mulai menempati gedung baru di Jalan Humaniora yang terus digunakan hingga saat ini.
Perubahan nama Fakultas Ekonomi UGM menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM adalah untuk memenuhi tujuan go-international, fakultas memandang perlu untuk menggunakan istilah yang berlaku secara internasional yang memudahkan FEB untuk beradaptasi dalam komunitas internasional, tanpa ada kerancuan antara nama fakultas dan program-program studi atau departemen yang ada dibawah fakultas. Perubahan nama ini tertuang dalam surat Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor 262/P/SK/HT/2007, tertanggal 27 Agustus 2007.
B.  Visi dan Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Gadjah Mada
Visi :
Menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis terbaik di Indonesia dan sangat dihormati di Asia Tenggara dalam memajukan pengajaran dan pengetahuan.
Misi :
Mengembangkan pemimpin dengan pengetahuan dan integritas yang kuat untuk memajukan masyarakat
C.  Tujuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Gadjah Mada
1.    Pendidikan tinggi di bidang ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang unggul dan berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul, kompeten, dan berintegritas
2.    Penelitian yang unggul di bidang ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang aplikatif dan responsif terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara yang berwawasan kearifan nilai-nilai lokal /nasional dan internasional
3.    Pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan
4.    Pengelolaan organisasi yang berkeadilan, partisipatif, akuntabel, dan terintegrasi antar unit guna pengembangan sumber daya yang tangguh
5.    Kerjasama yang menciptakan nilai tambah dan berkelanjutan dengan alumni, industri, dan universitas terkemuka.
D.  Bentuk Usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Gadjah Mada
Institusi pendidikan
E.  Lokasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Gadjah Mada
Jl. Sosio Humaniora No.1, Bulaksumur Yogyakarta