SELAMAT DATANG PARA BINTANG, SELAMAT MEMBACA DAN MENJELAJAH

December 27, 2016

Mengapa Dokter Bedah Memakai Baju Hijau ?

Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas dalam benak & pikiran kita semua, Selalu dan pasti setiap dokter bedah bertugas menggunakan baju warna hijau. Kenapa nggak warna merah, kuning, ataupun hitam ?

Hanya Ilustrasi
Mendengar kata dokter, terlintas di pikiran kita tentang (film jav) sesosok manusia gagah dengan pakaian putih ber-asesoris stetoskop. Penuh senyum, ramah, dan bersahabat. Pokoknya ideal lah. Tapi apakah kalian tahu, mengapa hanya dokter bedah saja yang memakai baju berwarna putih ?
Awalnya dokter bedah memakai baju warna putih karena putih melambangkan kebersihan.Namun, seorang dokter yang berpengaruh, telah menggantikan warna putih dengan warna hijau karena menurutnya warna hijau lebih dingin dan nyaman dilihat.

 Disamping itu, umumnya warna hijau adalah warna berlawanan dengan warna merah, yang notebene nya adalah warna darah. Menurut ahli Psikolog, Warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah saat melihat benda-benda berwarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan.

Melihat warna merah terus menerus menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah.
Alasan lainnya adalah, terus-menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan ilusi nofa berwarna hijau pada latar warna berwarna terang atau putih. Ini akan menggangu penglihatan dokter. Jika warna baju ahli bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak akan mengganggu penglihatan dokter.

Bagaimana jadinya seorang dokter bedah tidak berkonsentrasi saat membedah organ dalam ??
Kan nggak lucu, jika dokter tiba-tiba memotong jantung pasien atau meninggalkan gunting didalam tubuh pasien ??
Itulah sedikit alasan mengapa dokter bedah memakai baju berwarna hijau, Ada yang mau menambahkan lagi ?

*dari beberapa sumber